Rayakan HUT RI ke-75, Pemdes dan Warga Jatidowo Gelar Kenduri

Jatidowo- Berbagai cara dilakukan warga untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75. Namun mungkin memang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika taun sebelumnya berbagai rangkaian acara dapat diselenggarakan, namun dikarenakan kondisi saat ini yang masih dalam masa pandemi tentu akan mengurangi beberapa kemeriahan HUT RI ke 75 ini.

Namun untuk warga di Desa Jatidowo, Kecamatan Rejotangan. Pandemi tidak akan meghalangi rasa syukur atas kemerdekaan negara Indonesia yang telah mencapai usia 75 tahun. Beberapa warga berkumpul untuk mengikuti rangkaian kenduri yang diselenggarakan desa bertempat di balai desa Jatidowo. Kenduri ini diadakan atas rasa syukur warga Jatidowo, tidak lupa dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada warga Desa Jatidowo berkumpul berdoa bersama dan mengucap syukur atas rahmat Allah sehari sebelum tepat diperingatinya kemerdekaan Indonesia.

Selain berdoa bersama, kenduri juga dilengkapi dengan berkatan atau makan bersama. Tak lupa dengan tumpeng yang dijadikan sebagai simbol. Tumpeng memiliki arti tersendiri, Tumpeng merupakan simbol ekosistem kehidupan. Kerucut nasi yang menjulang tinggi melambangkan keagungan Tuhan Yang Maha Pencipta alam beserta isinya, sedangkan aneka lauk pauk dan sayuran merupakan simbol dari isi alam ini. Oleh karena itu maka sangat lazim jika dalam memepringati apapun masyarakat umumnya memakai tumpeng sebagai simbolisasi rasa syukur.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?