Ayo Rutin Ke-Posyandu Setiap Bulan

Apakah anda sudah ke posyandu bulan ini ?. Posyandu Dahlia yang bertempat di Balai Desa Jatidowo selalu rutin dilaksanakan setiap bulan. Pada bulan Maret ini, posyandu di adakan tepat hari Selasa tanggal 10 Maret 2020. Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

Kegiatan yang dilakukan seperti penimbangan balita, penimbangan balita ini juga dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu bertujuan untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya. Jadi warga yang apergi ke posyandu tentunya wajib untuk membawa KMS ini.

Selain Posyandu untuk balita, Posbindu yang ditujukan ke Ibu juga dilaksanakan bersama kegiatan Posyandu balita. Posbindu ini bertujuan agar tidak hanya dari sisi balita saja yang dicek kesehatannya secara berkala, namun Ibu juga perlu dicek agar dapat mengetahui kesehatan dari orang tua balita yang tentunya mungkin ada yang masih menyusui dan lain sebagainya.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?