Jum’at Bersih Desa Jatidowo Bersama Perangkat Desa dan Warga

22 Februari 2020, Perangkat Desa Jatidowo bersama-sama mengadakan kerja bakti pada hari Jumat dengan Gerakan Jumat Bersih. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa dan diikuti Kasi, Kaur, Dukuh, Staf. Kegiatan ini juga mengikut sertakan BABINSA, KAMTIBMAS, dan warga desa yang di gerakkan oleh RT/RW masing-masing.

Salah satu kegiatan ini dalam bentuk membersihkan lingkungan Desa Jatidowo rutin setiap satu minggu sekali.
Daerah yang dibersihkan mulai dari area jalur utama desa hingga ke lingkungan RT/RW yang dilakukam secara bergilir.
Minggu ini pembersihan dilakukan di SDN Jatidowo, dan lingkungan RT 01/RW 01.
Pembersihan seperti memangkas rumput liar dan membersihkan pinggiran jalan dilakukan sehingga banyak manfaat yang akan dirasakan.

Seringkali aksi kerja bhakti pada hari Jumat, disebut gerakan Jumat Bersih, kadang disertai juga kegiatan senam pagi atau jalan sehat. Sehingga diharapkan budaya Jumat Bersih bisa berkembang menjadi Jumat Sehat. Karena perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat, di lingkungan hidup masing-masing. Lingkungan hidup yang sehat akan mendukung sikap hidup personal yang sehat juga, sehingga mempengaruhi produktifitas yang berkualitas, bagi perkembangan diri.

Tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan perangkat dan warga desa akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di lingkungan sekitar atau tempat kerja akan terasa nyaman dan lingkungan dapat terpelihara dengan baik.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?