Dukung Kemandirian, Kemnaker Beri Pelatihan serta Bantuan Alat Produksi kepada Warga Desa Migran Produktif

Salah satu program unggulan Kementerian Ketenagakerjaan ialah Desa Migran Produktif (Desmigratif). Program ini terdiri atas seperangkat kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu antara Kemnaker, beserta seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintahan desa. Sasarannya yaitu pelayanan bagi pekerja migran Indonesia (PMI) yang akan berangkat ke luar negeri, PMI Purna, dan keluarga PMI.

Desa yang menjadi sasaran untuk di berikan pelatihan ini adalah desa yang warganya banyak bekerja atau pernah bekerja di luar negeri.

Pelatihan Desmigratif yang diselenggarakan selama tiga hari di Desa Jatidowo diikuti oleh 40 peserta. Masing-masing terdiri dari 20 peserta untuk pelatihan TKM pembuatan tas rajut , dan 20 peserta untuk pelatihan TKM sablon.

Memang jika merujuk pada pilar Desmigratif itu sendiri, pelatihan TKM yang dilaksanakan ditargetkan bisa menciptakan usaha produktif. Dari usaha ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga PMI.

setelah di adakannya pelatihan selanjutnya Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi kembali berkunjung ke Balai Desa jatidowo. Kunjungan tersebut tidak lain dalam rangka penyerahan alat produksi kepada kelompok TKM (Tenaga Kerja Mandiri) sablon dan mesin jahit. Penyerahan ini merupakan bentuk realisasi dari bantuan khusus program Desmigrtatif (Desa Migran Produktif) yang diselenggarakan sebelumnya.

 

Acara yang juga dihadiri pihak staf dari Disnakertrans, beberapa TKS, Petugas Desmigratif, dan seluruh anggota kelompok TKM tersebut akhirnya bisa berjalan dengan santai dan lancar. Sebelum acara selesai, ada prosesi simbolis penyerahan alat produksi kepada perwakilan dari masing-masing kelompok. Lalu, seperti biasa dipenghujung perjumpaan tidak lupa semua yang hadir berfoto bersama.

Diharapkan setelah dibagikannya alat ini, peserta yang kemarin mengikuti pelatihan selama 3 hari dapat produktif mempraktekan ilmu yang telah di dapat.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?